Minggu, 02 April 2017



BAB 1
PSIKOLOGI PENDIDIKAN :
PERANGKAT UNTUK MENGAJAR SECARA EFEKTIF
A. SELAYANG PANDANG PSIKOLOGI PENDIDIKAN.
Psikologi pendidikan adalah cabang ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan. Bidang psikologi pendidikan didirikan oleh beberapa perintis bidang psikologi sebelum awal abad ke-20 oleh William James, John Dewey, E.L Thorndike.
B. CARA MENGAJAR YANG EFEKTIF
Guru yang efektif menguasai materi pelajaran dan keahlian atau keterampilan mengajar yang baik. Guru yang efektif memiliki strategi pengajaran yang baik dan didukung oleh metode penetapan tujuan, rancangan pengajaran, dan manajemen kelas. Guru yang efektif harus berpengetahuan, fleksibel, dan memahami materi. Guru juga membutuhkan pengetahuan tentang dasar-dasar pengorganisasian materi, mengaitkan berbagai gagasan, cara berpikir dan berargumen, pola perubahan dalam satu mata pelajaran, kepercayaan tentang mata pelajaran, dan kemampuan untuk mengaitkan satu gagasan dari suatu disiplin ilmu ke disiplin ilmu lainnya.
Konstruktivisme menekankan agar individu secara aktif menyusun dan membangun pengetahuan dan pemahaman. Guru yang efektif harus mampu menentukan tujuan pengajaran dan menyusun rencana untuk mencapai tujuan itu.
C. RISET DALAM PSIKOLOGI PENDIDIKAN
Riset ilmiah adalah riset objektif, sitematis, dan dapat diuji. Riset ilmiah mereduksi kemungkinan bahwa informasi didasarkan pada keyakinan, opini, dan perasaan personal. Riset ilmiadh dilandaskan pada metode ilmiah, sebuah pendekatan yang dapat dipakai untuk menemukan informasi yang akurat.
Teori adalah seperagkat ide yang berkaitan dan koheren, yang berfungsi untuk menjelaskan dan membuat prediksi. Hipotesis adalah asumsi dan prediksi spesifik yang dapat diuji untuk mengetahui apakah teori itu benar atau tidak.
Riset deskriptif bertujuan untuk mengamati dan mencatat perilaku. Observasi dapat dilakukan di laboratorium atau di lingkungan alam. Laboratorium adalah tempat terkendali di mana banya faktor yang kompleks dari dunia riil dihilangkan. Dalam obsevasi alamiah, perilaku diamati di dunia riil.  Observasi partisipan adalah observasi dimana peneliti terlibat aktif sebagai partisipan (peserta) dalam suatu penelitian. 
Terkadang cara paling baik dan paling cepat untuk memperoleh informasi dari murid dan guru adalah bertanya kepada mereka. Ahli psikologi pendidikan menggunakan wawancara dan kuesioner untuk mencari tahu tentang pengalaman, keyakinan dan perasaan guru dan murid.
Tes standar adalah tes dengan prosedur administrasi dan penilaian yang seragam. Tes ini menilai kinerja murid di domain yang berbeda-beda dan bisa membandingkan kinerja murid, dengan murid lainnya yang berusia sama atau tingkat yang sama di tingkat nasional.
Studi kasus adala kajian mendalam terhadpa seorang individu. Studi kasus sering dipakai ketika situasi yang unik dalam kehidupan seseorang tidak dapat diduplikasi, entah itu karena alasan praktis maupun etis.
Studi etnografik adalah dsekripsi mendalam dan interpretasi atas perilau dalam suatu etnis atau kelompok kultural yag melatkan keterlibatan langsung dengan partisipan. Tipe studi ini menggunakan observasi di setting alam dan wawancara.
Riset cross-sectional adalah mempelajari kelompok orang pada satu sesi waktu. Riset longitudinal adalah mempelajari individu-individu yang sama selama periode waktu tertentu. Riset evaluasi program adalah riset yang didesain untuk membuat keputusan tentang efektifitas program tertentu. Riset aksi adalah riset yang dipakai untuk memecahkan problem sekolah atau kelas tertentu, meningkatkan pengajaran dan strategi pendidikan lainnya, atau untuk membuat keputusan di level tertentu.
Tantangan Riset :
a.       Etika, mewajibkan para periset untuk melindungi partisipan dari bahaya mental dan fisik.
b.      Gender, banyak pakar yang percaya bahwa banyak pendidikan dan riset mengandung bias gender
c.       Etnis dan kultur, kita perlu memasukkan lebih banyak anak dari keluarga etnis minoritas dalam riset pendidikan psikologi kita.

Sumber :
Santrock, J.W. 2004. Psikologi Pendidikan. Edisi Kedua. Diterjemahkan oleh : Tri Wibowo BS. Jakarta : PRENADAMEDIA GROUP

0 komentar:

Posting Komentar

 

Winika's Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design

Blogger Templates